Tegang, Nerveous, Menyenangkan saat Lomba Debat Bahasa Inggris SMK RSBI se-Jawa Tengah 2009.

suasana saat debat

suasana saat debat

11 Agustus 2008,  Jam nunjukin jam 10.00, pas jam istirahat, aku pun keluar dari pintu kelas dan saat itu pulalah Guru bahasa inggrisku menghampiriku dan berkata bahwa aku harus segera menemui Bapak Wakil Sekolah. Setelah menghadap disitu aku dikasih tau kalo aku harus segera nyiapin materi untuk ikut Lomba Debat Bahasa Inggris SMK RSBI di Semarang.  Weiikkss, yang bikin kaget Lombanya akan diadakan tanggal 13 Agustus 2009. Padahal disitu ada 8 topic/motion yang harus aku buat dan  kembangin sebagai materi debat nanti. Bayangin 8 TOPIC, dalam waktu 1 hari, belum karena capek, males, dan pikiran2 lain yang memberatkanku. Aku usulkan kalo aku diganti aja ma yang lain, tapi katanya gak bisa. Akhirnya aku terima juga nih lomba. Karena terlalu males untuk nyiapin materinya, aku minta ma guru pendamping untuk buatin point-pointnya tiap motion biar entar aku kembangin sendiri. Besoknya, 14 Agustus 2009 (sehari sebelum berangkat), aku dikasih point-point untuk dikembangin. Eh, emang dasar Akunya yang males, ya cuma tak masukin tas gitu aja, gak tak apa-apain. Sampe rumah juga gitu, udah ngantuk, males, dll semakin gak peduli ma lomba besok, entah jadi apa besok karena aku males bikin materi. Pikirku, toh ini cuma debat, tinggal ngomong, dan brainstorming aja point2 tadi tentunya pake bahasa inggris.

13 Agustus 2009, kami berencana berangkat dari sekolah jam 11, tapi

LPMP Jawa Tengah

LPMP Jawa Tengah

molor dulu ampe jam 12. Hehehe…. Pas perjalanan, pikiranku mulai melayang-layang memikirkan apa yang akan terjadi pas debat nanti. Pikiran2 yang menakutkan mulai menyelimuti pikiranku karena aku belum ada persiapan sebelumnya dan nervous syndrome mulai menyergap pikiranku. Masa bodo ah, pikirku. Jam 15.30 aku nyampe di LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Semarang tempat lomba debat berlangsung. Kami langsung check-in ke kamar yang disediakan disitu. Enaknya kami dapet kamar QUAS (Quality Assurance) alias VIP gitu… hehhehhe… jadi lebih nyaman lah daripada yang lain….. Kami nyante2 dulu, duduk2 di balkon sambil minum teh sembari melepas lelah pas perjalanan tadi. Tapi aku harus segera siap2 karena jam 4 akan diadain Technical Meeting lomba nanti. Langsung mandi dan meluncur ke tempat Technical Meeting. Hmm, sampe di ruang tersebut, banyak sekali pesertanya pikirku. Ada 98 peserta dari 49 team dari 49 SMK RSBI se-Jawa Tengah. Gile juga, tampang2 mereka menyakinkan sekali, kayak udah master bahasa inggris. Bikin tambah grogi aje.. Apalagi aku yang belum ada persiapan sebelumnya. Kenalan sana sini, cari temen dulu… Tanya2 mereka dan ternyata mereka udah banyak nyiapin materi dengan mateng… Ada juga yang udah dibuatin gurunya.. Haduh2, gimana jadinya aku nanti, bisa2 aku dibantai bareng2 ama mereka.

Technical Meeting

Technical Meeting

Di Technical Meeting dijelaskan tentang mekanisme debat, sistem penjurian, penilaian, materi dll. Setelah acara Technical Meeting selesai, langsung diadain pengundian nomor urut buat debat nanti. Dalam lomba tersebut dibuat beberapa sesi. Tiap sesi ada 12 team yang akan debat dibagi menjadi 6 team di tiap ruangan per sesi. Jadi, setelah acara Technical Meeting langsung dilanjutkan debat sesi pertama. Satu persatu team mengambil nomor urut mereka ke depan. Tiba giliranku, aku berharap supaya aku dapet nomor urut di atas 12, biar gak langsung maju debat malam itu. Kubuka pelan2 nomor undian tersebut dan ternyata aku dapet nomor undian 14. Fuhh, ini sedikit mendinginkan kepalaku, yang sedari tadi kebanyakan mikirin debat. Pengundian pun selesai, tapi tiba2 panitia mengumumkan bahwa ada 3 sekolah yang tidak hadir. Hal ini berarti urutan akan berubah, dan otomatis aku masuk dalam ke-12 team yang akan debat malam ini. Aaarggggghhh, Gila amit… baru nyampe langsung maju debat, mana gak ada persiapan lagi. Debat dimulai 1 jam lagi, dikit2 aku merangkai konsepnya, tapi bingung lagi topic mana yang aku bahas, padahal topiknya nanti dipilih secara acak oleh moderator pas debat berlangsung. Aku pilih salah sau topic, pokoknya masa bodoh topic ntu akan dibahas apa kagak, yang penting aku ngonsep yang itu daripada aku konsep semua dan berantakan hasilnya. Beberapa menit lagi sesi pertama akan dimulai, aku mulai masuk ke ruang pembantaian, dan duduk di tempat yang disediakan. Sambil dengerin moderatornya ngejelasin tentang mekanisme debat, aku terus mikirin gimana jadinya aku nanti pas debat… hmm… Lalu deat pun dimulai dan satu persatu team memaparkan argument masing-masing. Sampai tiba giliranku untuk memaparkan argument, keringat dingin, dan tanganku sudah kaku karena nervous bgt gak ada persiapan. Aku berusaha menjaga otakku supaya tetap cair dan dapat berbicara dengan baik. Dari waktu 5 menit yang diberikan untuk menyampaikan argument, aku cuma pake ± 2 menit setelah itu aku gak bisa berkata lebih karena grogi bgt wkt itu, sampai aku merasa stuck dan gak tau apa yang harus diomongin lagi, ya udah aku akhiri aja penjelasanku… Terus sampe beberapa sesi berikutnyaaku bisa lalui dengan baik, dan sesi debat kali ini pun selesai tinggal nunggu gimana nilaiku.

Kursi Pesakitan saat debat

Kursi Pesakitan saat debat

Akhirnya lega juga udah bisa lewatin debat ini. Tinggal liat kelompok lain yang debat, ternyata mereka juga banyak mengalami hal yang sama denganku. Sambil nunggu pengumuman, aku ngobrol2 ma peserta lain, jalan2 sekitar LPMP, dan tak lupa foto-foto buat kenang-kenangan hehehhee….. Tgl 14 Agustus 2009, hari ini adalah pengumuman hasil penilaian selama debat. Perasaan cemas mulai menyelimuti pikiranku,.. Ah, paling2 dapet peringkat terakhir, karena penampilanku kemarin gak banget, pikirku,… Aku bersama pembimbingku masuk ke ruang secretariat untuk mengambil pengumuman dan sertifikat serta tak lupa uang saku yang sudah disediakan…  Dengan detak jantung yang semakin cepat, ku lihat hasil pengumuman. Aku lihat dari daftar paling bawah dulu, karena pikirku paling aku dapat peringkat akhir….Tapi kenyataan berkata lain, ternyata aku mendapat peringkat 11 dari 49 team dari SMK-SMK RSBI se-Jawa Tengah. Tak kusangka ternyata kemampuan tidak bisa diremehka, hehhee… paling enggak bisa unggul dari 38 sekolah lain.

Akhirnya inilah yang kutunggu sertifikat dan uang saku

Akhirnya inilah yang kutunggu sertifikat dan uang saku

Dan aku nomor satu diantara SMK-SMK RSBI yang dari SOLO.. hehhe…. Dari situ aku banyak dapetin pengalaman, teman baru, dan pelajaran hidup. Untuk semua, pokoknya kita percaya diri aja sama kemampuan kita, dan beri yang terbaik. Jangan putus asa dulu sebelum mencoba… see you…

About these ads

20 Comments to “Tegang, Nerveous, Menyenangkan saat Lomba Debat Bahasa Inggris SMK RSBI se-Jawa Tengah 2009.”

  1. Like this broo.. ternyata ndagg sia-sia mbog Ning ngajari pas SMP

  2. q salut bgt ma km walaupun km blum ada persiapan sebelumnya tp ternyata km bs dapetin peringkat ke 11..wahh..hebat!! gimana se caranya buat menghilangkan nervous??

  3. weh manteb…mang situ udah jago kali masalah debat berdebat..mau donk tipsnya…gimana biar bisa speak english…

    • Yang pasti dibiasain aja n gak takut salah. Walaupun kamu secara teori menguasai english tapi kalo gak pernah dipraktekin gak ada gunanya.. Yang penting everytime and everywhere. Saya aja juga sering salah2, yang penting kan informasi yang disampaikan bisa dipahami.

      Semoga membantu.

      Olga A.N. Taqwawi

  4. Personally, I'd like to congratulate you on your success in the English Debate. Keep it up by improving your English.
    I think it would be much better if you accompanied your posting with the topic or theme and process of the debate.
    Thank you and for those who need English speech scripts, you can stop by and download them on www.haarrr.wordpress.com.
    Best regards

    • Thanks for your comment brother.. I will improve my posting… I hop you would be my friend to practice my english… Your blog content is very very usefull… Greeat…

      Correct me if i’m wrong… =)

  5. la kpn?
    ngenet ng mj net pie?
    biasane ukurane 800 X 200 ho’o kan?

  6. pie??kpn kie nagajarane?

  7. pie carane? eh blog mu tak link ke blog q lo…
    gonq di link ya ga

    mizanulhaq.blogspot.com

    la carane pie ganti header wordpress?
    buat desin header ndiri yo?

  8. assalamu’alaikum lik, seneng banget baca dan tau kberhasilan kamu.Mizan diajarin juga donk biar ikutan pinter ky olga he……skali lagi slamat ya. Smoga pada mapel lain olga jg bisa b’hasil, jgn lupa jg kberhasilan olga g lepas dr peran Alloh swt lho ya, jd wajib hukumnya olga bsyukur, oce lik……..
    Btwm selain blognya mb okky ma mas Angga ada teman yang laen ga? kasih tau donk biar ibu bs tetep keep silaturahmi ma anak-anakku di smkn 9.
    Oya, sampein juga ma smua tmn2, dr sni ibu ngucapin met ngejalanin ibadah syiam romadhon, smg smua amal ibadah kt tmasuk yg ditrima Alloh swt.amien
    wassalamu’alaikum

  9. io…la aku diajari to ga,,ganti header wordpress pie?
    bagi2 ilmu donk,,,
    heheeee

  10. wah yo dadi wong pinter memeng penak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: