Berfacebook? Bahaya dan beresikokah?

Facebook? Mungkin itulah yang lagi booming di intenet saat ini. Anak muda, pelajar, dewasa, anak kecil, bahkan para pejabat pun juga memanfaatkan facebook untuk mencari teman atau berpromosi/kampanye seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu pada saat euforia pemilu kemarin. Dalam facebook terdapat berbagai informasi bahkan yang menyangkut informasi pribadi. Mungkin dengan ini kita berharap bisa menjadi terkenal dan memiliki banyak teman dengan seberpa banyak teman yang dimiliki. Padahal dengan semakin banyak teman, yang kadang hanya teman sekedar kenal atau bahkan tak ingat lagi siapa dia atau bertemu dimana, maka semakin rentan terekspos data diri kita ke pihak-pihak di luar kontrol kita. Hasilnya kita semakin mudah menjadi korban impersonation.

Salah satu kasus adalah yang menimpa salah satu mahasiswi swasta. Dia mengatakan bahwa hampir tiap saat dia dihubungi melalui ponsel oleh orang yang tidak ia kenal, bahkan tengah malam sekalipun.  Setelah digali lebih lanjut, bahwa data dirinya yang ia tulis di halaman facebook milinya, dicopy entah oleh siapa dan dijadikan blog di Blogspot.com. Blog tersebut seolah-olah dikelola langsung oleh mahasiswi tersebut, itulah yang disebut impersonation. Bahkan si pelaku (impersonator) memindahkan sebagian foto – foto si mahasiswi tadi dari facebook ke situs penyimpanan foto gratis, imageshack.us . Isi blog tersebut cenderung berisi pencemaran nama baik dan melecehkan martabat si mahasiswi tersebut sebagai seorang wanita. Lebih parah lagi, dalam blog tersebut dicantumkan nomor hp si mahasiswi tadi yang ia gunakan sehari-hari. Maka hampir tiap saat, ia harus menjelaskan bahwa ia bukanlah seperti yang dijelaskan dalam blog tersebut pada setipa telpon yag masuk.  Itu hanya segelintir kasus yang terjadi karena kurang waspada dalam ber-facebook.

Oleh karena itu ada sedikit tips yang mungkin dapat membantu agar kasus diatas tidak terulang pada siapapun dan kapanpun. :

1. Jangan terlalu lengkap memasang data diri atau profil di facebook. Tentunya semakin lengkap data diri kita terpasang di Facebook, semakin mudah mendapatkan teman. Tetapi di sisi lain, semakin beresiko pula data diri kita disalahgunakan (abused).

2.  Jangan memasang foto diri anda yang sekiranya anda tidak nyaman kalau foto tersebut disebarluaskan. Dan ingat, walaupun foto tersebut hanya dipasang di akun facebook anda, itu sama saja dengan menyebarluaskan foto tersebut ke publik.  Sekali foto tersebut tersebar maka akan sangat sulit (bahkan mustahil) untuk mencabut foto anda dari peredaran di internet. Maka dari itu hati-hatilah dalam memposting foto.

3.  Segeralah bertindak apabila anda menemukan data diri atau profil anda digunakan pihak lain untuk hal-hal diluar kontrol anda. Membiarkannya justru akan membuatnya semakin terlarut dan bisa berdampak destruktif dan nama baik anda bisa menjadi taruhan.

NB : Hal ini juga berlaku pada jejaring sosial lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: