Wedangan bareng turis dari Jepang

DSC04607

With Natsumi

Solo seringkali jadi tujuan wisata dari domestic maupun luar negeri termasuk Jepang. Dikit nieh aku punya cerita yang lucu juga kalo diinget2 =)… Waktu itu hari Selasa, 21 Juli 2009. Aku ma temenku Oky, rencana mau ambil gambar Wayang Orang di Taman Sriwedari, tepatnya di Gedung Wayang Orang buat bikin film documenter. Karena acaranya dimulai jam 20.30 WIB, ya kami dateng lebih awal, sekitar jam 7 kami udah stand by disitu, rencana sieh mau wawancara juga sama pemainnya. Berhubung baru pertama kali ke situ dan gak tau apa-apa tentang acara wayang orang, sambil nunggu acara dimulai aku samil ngobrol2 sama orang2 disitu (walaupun gak kenal sieh) tentang wayang orang…  Pas suatu saat, aku liat ada cewek lagi berdiri liatin jadwal acara di gedung wayang orang itu. Biasanya kan yang nonton orang2 tua

tapi nieh ada anak muda yang mau nonton juga. Penasaran, lalu aku tanya sesuatu. “Mbak, liat wayang orang juga ya?” Dia malah balik tanya ke aku, tapi pake bahasa inggris. Terus aku tanya dia darimana, katanya dia dari jepang yang lagi liburan ke Indonesia. Namanya Natsumi lalu kami berdua ngobrol2 ngalor ngidul tentang kebudayaan, liburan di di solo, liburannya di Thailand, dan masih banyak lagi yang pokoknya seru bgt. Lalu aku ajak beli tiket, karena dia juga baru pertama datang ke Gedung Wayang Orang, lalu

masuk buat cari tempat duduk. Disitu pun kami juga masih ngobrol panjang lebar sambil nunggu acara dimulai.

DSC04608

Ternyata orang jepang sangat open dan friendly sehingga kami enak buat ngobrol walaupun baru aja kenal. Sampe acara selesai aku tanya apa dia udah nyoba kuliner di Solo, ternyata belum jadi aku ajak dia buat ke wedangan. Maklum di jepang gak ada wedangan, jadi aku kasih aja yang unik…. Hehehehe….. Ternyata dia mau, dan aku boncengin dia ke tempat wedangan. Pas aku suruh dia naik ke motor, dia sempet bingung. Dia gak pernah naik motor, dia sering jalan kaki padahal kendaraan2 di Indonesia asalnya dari negeranya dia, ironis memang. Saat itu jam 22.30, rencana mau wedangan di HIK depan Balai Kota, tapi saat itu lagi gak buka, jadi akhirnya kami putusin wedangan di daerah Gajahan. Di wedangan itu, aku suruh  dia pilih makanan, dia suka sama tempe, karena di jepang dia gak bisa

dapetin tempe. Hehehehe…. Setelah ambil makanan kami pun cari tempat duduk yang kebetulan lesehan, sangat menyenangkan lesehan apalagi dipinggir jalan pas malem.. hmmm…. Disitu dia cerita panjang lebar tentang jepang, kebudayaan, dan lain-lain. Walaupun kendala bahasa masih menjadi gangguan, tapi kami masih bisa ketawa2, bcanda2, ngobrol2, sharing, dengan enak. Lucunya lagi, disitu kami saling belajar bahasa. Saya belajar bahasa jepang dari dia, dan dia belajar bahasa Indonesia dan jawa dari aku. Ya berantakan juga, tapi seru….  (Bagus kali kalo direkam) heheheh…. Malem udah larut banget, kami rencana mau pulang, tapi smpetin dulu foto2 buat kenang2an… Mas yang jual pun kami minta buat yang foto. Setelah itu aku anterin dia pulang ke penginapannya di daerah Coyudan dekat Matahari Dept. Store… Karena esok paginya dia harus ke jogja buat balik lagi ke negaranya… Singkat, tapi menyenangkan..

DSC04617

Dapet temen baru dari budaya yang berbeda dan bisa sharing berbagai macam pengalaman masing2 yang gak akan di dapat dari manapun… Sangat berharga sekali, makanya biar gak lupa aku posting disini… hehehehe… Sebenernya masih banyak cerita lucu saat itu, tapi gak mungkin aku tulis semuanya disini….. wkwkwkwk…. Greetz to Natsumi From Japan.

15 Comments to “Wedangan bareng turis dari Jepang”

  1. Kak aku adek kelas kamu anak tkjb aku juga ikut osis pasti tau dnk!!!

  2. auah…pie komunikasi ra mbi turise?

  3. buset dah,..keren banget lo ga….
    gue pingin banget men kaya lo..??
    coba kendal jadi tujua wisata juga ya…??
    pasti aku bisa kaya lo kali ya….
    hehehe…

    asli keren banget men..

  4. Assalamu’alaikum lik, nontong wayang di GWO bener tuk tugas mbuat film dokumenter ? Ga inget ma plajaran basa Jawa he….he………
    Lam hangat tuk temen-temen ya.
    Wassalamu’alaikum

    • Iya bu, di GWO kan buat film dokumenter, yang mengangkat tentang kesenian wayang orang, yang notebene salah satu budaya jawa, solo khususnya… Secara tidak langsung turut serta melestarikan bahasa jawi…. heheheh

      Semoga ibu selalu dalam perlindungan Allah SWT. Amien…

  5. walah2 mas olga,,,,wedangan ma orang jpang???
    lmayan cuantik nu org”e??
    msh kmunikasi 5 dy g??
    man eman bgt ow disia2 kan pnya knalant dr japan..

  6. Yang Kiri jepang yang Tengah jepang yang paling kanan ?????

  7. Iya “Menyelam sambil minum air” nyamong2 cewek jepang na kelihatan culun2

  8. Kapan2 saya juga mau lo dik Olga… jk ada turis na kya gitu Mau….Mau….Mau….Mau….Mau….Mau….Mau….Mau…. laen kali mas Heri di ajak gak’!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

