Solusi masalah modem Sierra dengan Telkomsel Flash

Beberapa hari yang lalu Telkomflash saya tiba-tiba tidak bisa browsing internet, padahal dapat terkoneksi dengan internet. Kebetulan saya menggunakan modem Sierra 885. Saya lihat di Sierra Watcher status download 0 dan uploa. Saya pikir mungkin kuota sudah habis. Lalu saya cek kuota/status paket dengan mengetik UL INFO ke 3636 mendapat pesan bahwa saya sedang tidak menggunakan paket internet. Kemudian saya mengisi pulsa telkomsel flash saya untuk mengaktifkan paket internet tersebut. Seperti biasanya saya langsung mendaftarkan paket tersebut. Setelah berhasil, lalu saya mencoba untuk mengkoneksikan kembali ke internet. Tetapi yang terjadi sama dengan yang sebelumnya yaitu dapat terkoneksi tetapi tidak bisa digunakan untuk browsing dengan status menunjukkan download 0 dan upload 0. Dugaan awal saya yang bermasalah adalah modem saya. Lalu saya coba untuk mengupdate firmware modem ternyata juga sama saja. Lalu saya coba untuk searching di Google untuk mencari solusi masalah ini. Dan ternyata yang adalah modem Sierra dengan Telkomsel Flash. Hal ini banyak terjadi pada modem-modem keluaran dari Telkomsel.

Akhirnya saya mencoba untuk mengubah settingan pada modem saya tersebut dan akhirnya modem saya pun dapat digunakan kembali. Bagi yang mengalami masalah yang sama dengan saya dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

A. Dengan Profile WWAN

1. Masukkan modem Sierra ke USB komputer anda dan tunggu sampai muncul 3GWatcher / Sierra Watcher (atau buka manual jika anda telah mematikan auto launch nya).
3. Pilih Tools – Option – Profiles
4. Pilih Profile WWAN yang dipake atau lebih disarankan untuk membuat profile WWAN baru, dan lakukanlah langkah-langkah berikut ini :

Bikin WWAN Profile baru, Namai Sembarang (eg. Telkomsel, Internet, etc)
User Name : (dikosongin)
Password : (dikosongin)
APN : internet / telkomsel

lainnya biarkan default

Klik Apply

5. Masuk ke Menu Advanced
6. Pada TCP/IP Settings rubah authentication menjadi CHAP,
7. Rubah WINS menjadi YES
8. klik Apply
9. Masuk ke DNS Settings
10. Primary dan Secondary di isi 0.0.0.0 (atau boleh juga dihapus)
11. Klik Apply Lalu OK

Jika anda menggunakan modem Sierra 885 dan masih menggunakan skin contemporer yang menjadi default dari Sierra 885, maka anda perlu mengubah default profile anda menjadi profile yang barusan anda buat. Saya sangat menyarankan anda menggunakan skin watcher classic karena lebih mudah dalam pemilihan profile yang tersedia.

12. Tutup Sierra Watcher
13. Buka kembali Sierra Watcher nya, dan kemudian klik konek… mudah2an internet anda sudah berjalan kembali…..

B. Dengan Profile Dial Up

Pada dasarnya cara ini pun mirip dengan membuat profile WWAN. Caranya adalah :

1. Masukkan modem Sierra ke USB komputer anda dan tunggu sampai muncul 3GWatcher / Sierra Watcher (atau buka manual jika anda telah mematikan auto launch nya).
3. Pilih Tools – Option – Profiles
4. Pilih Dial Up Profile yang dipake atau lebih disarankan untuk membuat profile Dial Up baru, dan lakukanlah langkah-langkah berikut ini :

Bikin Dial Up Profile baru, Namai Sembarang (eg. Telkomsel, Internet, etc)
User Name : (dikosongin)
Password : (dikosongin)
APN : internet / telkomsel

lainnya biarkan default

Klik Apply dan OK

2 Comments to “Solusi masalah modem Sierra dengan Telkomsel Flash”

Leave a Reply

